Berapa sih Banyaknya Kalori Dalam Satu Piring Nasi Gila Aa B’jah?

Ditulis oleh : Muhammad Daffa Hakim | Disunting oleh : Annindya Azmah

Halo Funatic!, gimana liburannya? Seru? Mau nambah lagi? Atau malah boring? Hmmm, semoga puas yaa sama liburan kemarin. Eh iya, pasti Funatic selama liburan jarang banget tuh kena penyakit yang namanya ‘kelaperan’, karena pasti selama liburan, perut kita akan selalu dimanja tanpa memikirkan sisa uang di dompet kita. Nah, liburan itu menjadi waktu yang tepat untuk mahasiswa perbaikan gizi. Karena banyak banget mahasiswa khususnya mereka yang merantau gak merhatiin makanan apa yang mereka makan selama di perantauan. Tanggal 28 Februari kebetulan adalah hari gizi nasional, jadi artikel kali ini akan ngebahas gizi makanan di kantin, khususnya kantin Fikom.

Ngomongin makanan di kantin Fikom, pasti beragam banget, karena ada banyak kios di kantin yang menawarkan berbagai macam menu makanan dan minuman. Dari mulai nasi goreng, bakso, batagor, gorengan, ayam katsu, nasi gila, siomay dan masih banyak lagi. Tapi yang akan kita kupas mendalam kali ini adalah nasi gila, tepatnya di AA B’JAH CRAZY RICE CAFÉ. Nasi gila AA B’Jah ini terkenal sekali di Fikom, selain karena kedainya yang paling besar, rasa dari nasi gilanya sendiri juga enak banget loh Funatic. FYI ini bukan paid promote atau endorse yaa, tapi ini berdasarkan peminat yang paling banyak dan Nasi gila AA B’jah yang terpilih. Kalian cukup dengan merogoh kocek sebesar 11.000 rupiah sudah bisa mendapatkan nasi gila yang berisi ayam, bakso, sosis, jamur dan telor. Mari yuk kita breakdown gizi dari nasi gila ini.

Kebutuhan kalori setiap orang pastinya berbeda beda yaa Funatic! Tapi kita akan mengambil rata-ratanya aja nih. Rata-rata manusia membutuhkan 1500 kkal setiap harinya, maka bisa diambil kesimpulan bahwa kita membutuhkan 500 kkal dalam setiap piringnya jika kita tiga kali makan dalam sehari.

Dalam nasi gila AA B’jah terdapat satu piring nasi, ayam suwir, bakso, sosis, jamur dan telor. Satu piring nasi AA B’jah sudah menghasilkan sekitar 150-200 kkal, ayam suwirnya menghasilkan 170 kkal, bakso yang dipotong tipis menghasilkan 80 kkal, sosis yang dipotong tipis juga menghasilkan 80 kkal, jamur menghasilkan kalori yang sedikit yaitu 50 kkal, sedangkan telor menghasilkan 155 kkal. Maka jika kita jumlahkan semuanya, jumlah kalori yang kita dapatkan dengan mengeluarkan uang 11.000 rupiah adalah 735 kkal ditambah lagi kenikmatan rasa yang tentunya enak banget!!! Satu piring nasi gila bisa memenuhi bahkan melebihi kalori yang kita butuhkan dalam satu piring makanan kita. Harga yang murah, rasa yang nikmat adalah yang paling kita cari gak sih, Funatic? Memang betul AA B’jah adalah master of Crazy Rice

Funatic, komposisi perhitungan kalori itu ada banyak sekali, jadi besar atau kecil kalori yang dihasilkan gak menentukan makanan itu sehat atau enggak. Tapi ya, kita sebagai anak kosan senggaknya memenuhi kebutuhan kalori kita dan kebutuhan dompet juga ya! Asalkan jangan makan makanan yang tidak sehat secara terus menerus, oke funatic? Selamat hari gizi nasional tanggal 28 Februari and stay healthy!!!

    Leave Your Comment Here