Dalgona, Datangnya Dari Mana?

foto oleh: Salma Ayu

ditulis oleh: M. Daffa Hakim | disunting oleh: Annindya

Funatic udah ngapain aja nih selama masa self quarantine? Pastinya selalu update kan tentang hal yang lagi trend? Nah! Akhir bulan Maret 2020 media sosial digemparkan dengan adanya “Dalgona Coffee”. Kopi ini terbilang unik karena bentuknya yang seperti kopi cappucino espresso terbalik, kalau cappucino espresso, susu yang dijadikan foam, sedangkan dalgona, kopi dijadikan foam dan dijadikan topping, unik ya!

Banyak yang beranggapan kalau kopi dalgona ini berawal dari media sosial, “Gue tau dalgona ini dari Twitter, waktu itu ada threads yang viral tentang step by step ngebuat dalgona,” Kata Tarisya Milanti, salah satu mahasiswa Fikom Unpad, Sabtu (5/4/2020).

Faktanya, minuman ini bukanlah minuman yang baru loh, Funatic! Kopi dalgona ini popular setelah ditayangkan pada acara TV di Korea Selatan pada Januari 2020, yaitu Ketika aktor Jung Il-Woo pergi ke Makau dan mencoba minuman tersebut, ia memberi nama minuman ini dalgona karena mirip dengan permen spons tradisional dari Korea. Ternyata minuman ini sudah lama ditemukan oleh warga India, mereka menamakannya dengan Phenti Coffee yang artinya adalah “kopi kocok” karena pembuatannya yang dikocok hingga membentuk foam.

“Cara bikinnya gampang! Siapin kopi Nescafe tanpa gula, gula pasir sama susu yang full cream. Terus masukin kopinya 2 sdm aja, terus masukin 2 sdm gula, kalo gasuka manis yaudah sesendok ajah, terus aduk deh sampe mental breakdance! Nanti warnanya bakal berubah jadi kecoklatan, terus siapin 1 gelas, masukin susunya, terus adonan kopi tadi tuang deh buat layer diatas susunya, kelar dehh, gampang banget, gua bakalan bikin kopi ini lagi karena buatnya simple tapi rasanya drinkable” Tarisya juga berterima kasih dengan kebijakan self quarantine. Karena ia bisa mengeksplore lebih jauh hobi yang dia punya untuk mengurangi rasa bosan di rumah.

Funatic udah pernah coba bikin belum? Gampangkan cara buat kopi ini, murah pula! Jadi dimanapun Funatic berada harus tetap jaga Kesehatan, ikutin himbauan dari pemerintah untuk tetep dirumah aja supaya kita bisa Kembali ke kehidupan normal dan melepas rindu funatic dengan sahabat, gebetan maupun pacar.

    Leave Your Comment Here