(Exclusive) Harapan Kunto Aji Lebih Dari Sekadar Tanda S.O.S

Ditulis Oleh: Salwa Dita, Disunting Oleh: Mahdika Andamufqi, Photografer: Hannah Syke

Makna S.O.S pada pertunjukan musik yang awalnya diusung oleh Baskara dan Kunto Aji beberapa waktu lalu mendapat banyak perhatian dari para musisi dan penikmat  pertunjukan musik. Seperti yang pernah Fun bahas sebelumnya, tanda S.OS dapat digunakan ketika perempuan mendapatkan pelecehan seksual disaat pertunjukan musik sedang berlangsung (http://1078funradio.com/gawat-darurat-di-konser-musik/). Kunto Aji sendiri mengungkapkan harapannya saat Fun berkesempatan mewawancarai Kunto Aji pada tanggal 31 oktober 2019 lalu pada acara closing Epicentrum 2019 yang diadakan BEM Fikom Unpad.

Acara Epicentrum 2019 yang membawa topik besar tentang kesehatan mental ditutup dengan penampilan kece dari Kunto Aji. Kunto Aji atau yang sering disapa Maskun, membawakan lagu – lagu dari album keduanya “Mantra Mantra” secara live. Lagu-lagu dari album Mantra Mantra dibawakan karena menurut Maskun, lagu-lagu ini dapat menjadi self-healing bagi para pendengarnya, seperti salah satunya pada lirik lagu Sulung yang mengatakan “cukupkanlah, ikatanmu. Relakanlah yang tak seharusnya untukmu.”. Kunto Aji pada pertemuan kali ini mengarahkan penontonnya untuk tidak memendam perasaan, karena kesehatan psikis merupakan hal yang penting menurut Maskun. Kunto Aji saat ini juga sedang mempersiapkan konser dengan konsep audio visual yang berbeda yang akan diselenggarakan pada 18 desember 2019 di Basket Hall, Senayan, Jakarta.

Kembali membahas tentang tanda S.O.S, Munculnya ide penggunaan tanda S.O.S adalah buah perhatian dan solusi sederhana dari para musisi untuk seluruh penikmat pertunjukan musik. Menurut Mas Kun (sapaan akrab Kunto Aji), Seharusnya pertunjukan musik menjadi panggung bersama yang dapat dinikmati semua kalangan, perempuan pun tidak perlu khawatir. “Lebih dari sekadar tanda S.O.S, tapi kesadaran orang-orang untuk menjaga keamanan bersama sehingga semua orang dapat merasa nyaman ketika menonton musisi favoritnya di dalam crowd.” Begitu tambahnya.

Nah, mungkin Funatic yang mau datang ke konser Mantra Mantra Live ++ nanti bisa nih menyiapkan tanda S.O.S di hp Funatic sebagai persiapan kalau saja masih ada tangan – tangan nakal yang beraksi, tapi sih semoga gak ada ya! supaya semua bisa menikmati musiknya dengan nyaman.

    Leave Your Comment Here