FOMO: Ketika Kamu Takut Ketinggalan

Halo Funatic! Gimana nih kabarnya selama liburan? Semoga tetap seru yaa meskipun masih harus dirumah aja! Anyway, Funatic pernah nggak sih ikut kepanitiaan/organisasi karena semua teman-teman kamu ikutan? Padahal kamu sama sekali nggak tertarik sebelumnya. Oh, atau mungkin ada maba-maba online yang nggak pernah ketinggalan Zoom Meeting angkatan nih karena takut ketinggalan topik pembicaraan? Kalau pernah, mungkin saja kamu sedang mengalami gejala FOMO loh!!

Kata FOMO (Fear of Missing Out) kayaknya udah nggak asing lagi nih di telinga kita, Funatic. Fenomena ini timbul karena perasaan cemas jika melewatkan sesuatu yang baru. Biasanya sih, FOMO disebabkan oleh penggunaan media sosial yang berlebihan dan rasa tidak percaya diri pada seseorang. Orang yang mengalami Fear of Missing Out memiliki tendensi untuk melakukan hal yang tidak ia sukai demi memuaskan kecemasannya akan ketertinggalan, contohnya seperti mengikuti suatu kegiatan karena takut ketinggalan dari orang lain. Apalagi di masa pandemi ini, semakin banyak orang yang mengambil berbagai kegiatan dalam satu waktu karena tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut. Memang niat awalnya baik untuk mengembangkan diri, tetapi bisa menjadi boomerang jika tidak hati-hati.

“Terus apa masalahnya kalau aku FOMO?” Melansir dari HaloDoc, FOMO ini termasuk dalam gangguan mental yang perlu diatasi dengan baik biar nggak menjadi semakin parah loh, Funatic. Jadi gejala ini nggak boleh dianggap remeh karena sangat berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik seseorang. Jika Funatic mengalami gejala-gejala FOMO, jangan khawatir dulu. Berikut beberapa tips untuk mengatasinya!

  1. Fokus pada diri sendiri

Ingat, Funatic! Dalam hidupmu, kamulah pemeran utamanya. Fokus pada diri sendiri dan kelebihanmu. Dengan begitu, kamu bisa mengembangkan diri secara optimal. Rumput tetangga memang akan selalu lebih hijau daripada rumput sendiri. Jadi, yuk hindari ikut-ikutan orang lain dan mulai pilah-pilih kegiatan yang sesuai dengan minat kamu, Funatic!

  1. Batasi penggunaan media sosial

Media sosial memang masih menjadi penyebab utama fenomena FOMO. Oleh karena itu, membatasi penggunaan media sosial adalah cara yang paling ampuh untuk menghindarinya. Saatnya sudahi rebahan sambil scroll media sosial dan mulai cari kegiatan yang bermanfaat seperti berolahraga, membaca, atau journaling

  1. Ubah mindset negatif menjadi positif

Rasa tidak puas akan diri sendiri dan selalu menginginkan lebih adalah salah satu mindset negatif yang memicu timbulnya FOMO pada diri kita loh, Funatic. Bayangan orang lain yang lebih sukses dan bahagia membuat kita panik dan ingin melakukan sesuatu agar tidak merasa tertinggal. Nah, mindset ini perlu kita kubur dalam-dalam ya, Funatic. Nggak sehat! Coba deh ambil waktu untuk menyadari apa saja kelebihanmu dan mensyukurinya daripada memikirkan kekurangan dan membandingkan diri dengan orang lain. Dijamin, kamu pasti nggak akan merasa takut tertinggal lagi!

Kalau ada Funatic yang merasakan gejala FOMO atau sedang berusaha melewatinya, semoga beberapa tips di atas bisa bermanfaat ya, Funatic!

    Leave Your Comment Here