Gawat Darurat di Konser Musik

Ditulis Oleh: Anggita Olivia, Disunting Oleh: Mahdika Andamufqi

Beberapa waktu lalu, sebuah acara musik di Bekasi menjadi saksi bisu dari pelecehan seksual. Tempat seramai konser musik gak jadi halangan bagi para pelaku kejahatan itu. Baskara Putra atau Hindia bersama Kunto Aji yang merasa bahwa musisi perlu untuk mencegah hal-hal kayak gitu terjadi, mengeluarkan sebuah alternatif berupa tanda S.O.S lewat akun media sosialnya. 

Menurut akun Instagram Baskara (@wordfangs), dirinya bersama .Feast bakal mensosialiasikan tanda S.O.S ke penyelenggara acara musik serta keamanannya. Tujuannya gak cuma buat mencegah pelecehan, tapi juga buat mengidentifikasi copet, kekerasan yang disengaja, sampai sesak napas. Bahkan baru-baru ini juga, ada seorang penonton yang berhasil menggunakan tanda S.O.S ini pas lagi sesak napas. 

Gak cuma S.O.S, tapi anak Twitter juga banyak yang punya ide-ide buat menghadapi pelecehan di konser musik. Misalnya bawa lightstick kayak idenya @_arifwicak, ya walaupun mirip wota sih ya. Ada juga @Opiww_ yang nyaranin panitia buat nyediain kain merah yang bisa dililitin ke pergelangan tangan perempuan, jadi pas ada tanda bahaya tinggal angkat tangan. Tapi…kalau semua orang angkat tangan pas nonton kayaknya susah juga ya:(

Emang gak bisa dipungkiri, sih, kalau perempuan masih menjadi sasaran empuk buat para penjahat. Tapi hal ini gak melulu soal pakaian yang terbuka, karena faktanya jumlah kejahatan seksual banyak menimpa mereka yang berpakaian tertutup. 

Adel personil dari duo pop-folk Rasukma sempat memberikan tanggapan soal pelecehan di konser-konser musik belakangan ini. Menurutnya, hal ini gak bisa cuma dilihat dari sudut pandang korban atau pelaku. Solusi yang tepat adalah pendidikan karakter.

“Sedih banget, sih. Lo dateng ke konser buat seneng-seneng, kan. Adanya hal-hal kayak gitu jadi sebuah hal yang sangat disayangkan,” tambahnya lagi saat kami wawancarai di Pre-Event From 2 With Love 2019 (F2WL), SMA Negeri 2 Bandung (26/10/2019).

Berdasarkan data dari Komnas Perempuan, jumlah kekerasan terhadap perempuan meningkat tiap tahunnya. Tapi, tren saat ini menunjukkan kalau makin banyak perempuan yang melaporkan hal tersebut. Jadi buat para perempuan, jangan diem aja ya kalau sampai hal-hal tersebut terjadi ke kamu. 

Stay safe, Funatic dan selalu jaga diri serta temen kamu di konser musik!


    Leave Your Comment Here