“INTI BUMI” ALBUM PERDANA RASUKMA

ditulis oleh: Esra J Ompusunggu | disunting oleh: Annindya Azmah

Di tengah pandemi Covid 19 ini, ada beberapa rencana Rasukma yang harus ditunda. Namun, pandemi ini tak mengurungkan niat Rasukma untuk tetap berkarya, Eson dan Adel duo folk/pop-akustik asal Bandung ini, 17 April kemarin merilis album perdananya yang bertajuk Inti Bumi. Melalui kata kata, nada dan irama yang dibalut dalam komposisi musik yang sederhana, dalam album ini Rasukma ingin menyampaikan keresahan keresahannya terhadap lingkungan sekitar. Kesembilan trek dalam album ini, ilham yang membawanya perasaan negatif yang kemudian diubah menjadi pesan.

Dalam album ini, Rasukma turut menggaet dua kolaborator yaitu Afif Abdulloh dari Mustache and Beard dan Estu Hning.  Perkenalan dengan Afif di tahun 2016, dan pertemuan di Ruang Putih Bandung dengan Estu Hning di tahun 2018, merupakan awal yang kini membuat mereka dapat berkolaborasi melahirkan single bertajuk Rasukma, yang merupakan trek keempat dalam album Inti bumi ini.

Album perdana Rasukma yang diproduserin Eson ini, membawa sebuah pengalaman baru bagi mereka. Dalam pengerjaan album ini, ada juga kesulitan yang dialami Rasukma.  Menurut mereka, bukan karena proses yang sulit, tetapi ada beberapa yang masih belum dipahamin, sehingga masih harus banyak belajar.

Menurut Rasukma, salah satu lagu yang proses pembuatannya paling sulit adalah “Inti Bumi”. Lagu yang telah didengar lebih dari 440.000 kali melalui Spotify ini, berisi dialog antara Bumi dan Rembulan mengenai kebencian Bumi terhadap Mentari. Menurut mereka, lagu Inti Bumi ini secara pembuatan cukup kompleks. “Buatku sendiri membuat cerita yang berisi dialog itu sulit untuk membuat pesannya tersampaikan”, ujar Eson, Sabtu (25/4).

Adanya album ini tak luput dari orang orang disekitar mereka dan para kolaborator yang sangat membantu dalam proses pengerjaan dan turut mengajarkan banyak hal. Apresiasi positif dari para pendengarnya juga turut membuat Rasukma selalu semangat dalam berkarya. Karena menurut mereka apresiasi merupakan hal yang penting dalam dunia seni.

Kini kesembilan trek dalam album Inti Bumi ini bisa Funatic dengarkan di kanal kanal musik digital favorit kamu. Selamat menikmati karya karya indah dari duo folk/pop-akustik asal Bandung ini Funatic !!

    Leave Your Comment Here