#KuliahBarengFUN: Cara Asik Menghadapi Perkuliahan Bareng FUN Radio

Ditulis oleh: Deihani Tesalonika | Disunting oleh: Esra J Ompusunggu

Halo, Funatic! Gimana nih kabar kalian setelah satu bulan kembali berkuliah? Memasuki perkuliahan semester genap di masa pandemi ini, sudahkah kamu merasa jenuh dan lelah melihat layar laptop tiap hari? Atau bahkan sudah kehilangan ambisi untuk menjadi mahasiswa produktif dan mengejar prestasi? Tenang aja Funatic, kamu nggak sendirian kok! Gejala kehilangan semangat yang Funatic rasakan ini mungkin terjadi karena kamu belum menemukan cara belajar yang asik dan tepat untuk kamu. Apalagi selama kuliah online, pasti tugas dan deadline menumpuk sampai bikin kamu jadi suntuk. Gaya belajar dan bekerja yang monoton juga bisa membuat kamu bosan dan nggak bersemangat, Funatic. Nah, biar Funatic semangat lagi nih menghadapi perkuliahan, FUN Radio punya beberapa tips biar kamu tetap bisa produktif sambil having fun dengan #KuliahBarengFun. Disimak ya, Funatic!

  1. Spice up your learning experience!

Di era serba online ini, kita harus bisa manfaatin semua tools yang kita punya, Funatic! To spice up your learning experience, coba deh pakai aplikasi yang bisa membantu kamu lebih produktif dan terorganisasi. Contohnya kayak aplikasi Notion yang bisa Funatic gunakan untuk membuat daily schedule, to-do-list, calendar, note taking, bahkan sampai mengatur skala prioritas tugas-tugas kamu. Selain itu, Funatic juga bisa menggunakan Google Calendar yang punya fitur reminder. Fitur ini bakal berguna banget buat Funatic yang punya berbagai kegiatan, tapi sering lupa saking banyaknya. 

Nah, terus apa bedanya dong sama nyatet manual di buku? Eits, beda dong.. Dengan menggunakan aplikasi online, Funatic bisa menyimpan semua kegiatan dan kebutuhan di satu aplikasi yang sama. Selain itu, kalian juga bisa customize sendiri catatan, to-do list, maupun kalender kalian, loh! Jadi Funatic bisa edit catatan sesuai mood dan kebutuhan. Menggunakan aplikasi online ini juga sangat efisien karena bisa connect ke semua device yang Funatic miliki. Seru banget kan? Pokoknya Funatic bisa say goodbye deh sama cara belajar lama!

  1. Set up the ambiance

Hal penting lainnya yang harus Funatic perhatikan biar belajar makin seru adalah dengan mengatur suasana. Gimana sih caranya ngatur suasana belajar biar nyaman? Coba deh Funatic bersihin kamar dan meja belajar dulu, terus rapi-rapi diri sebelum mulai kuliah atau belajar. Dijamin Funatic bakal lebih siap untuk menerima materi. Selain itu, Funatic juga harus menghindari belajar sambil tiduran di atas kasur! Bukannya produktif, malah jadi rebahan seharian nanti. 

Nah, ngomongin tentang ambiance, mengatur suasana dan naikin mood belum afdal nih, kalau nggak sambil dengerin lagu. Mendengarkan musik memang sudah teruji bisa meningkatkan suasana hati kita loh! Abis ini jangan lupa bikin playlist lagu-lagu uplifting di Spotify kamu ya, Funatic! Kalau bingung dan nggak sempat bikinnya, Funatic bisa langsung kepoin aja playlist Spotify FUN Radio di FUN Radio 107.8 FM!! Ada banyak playlist yang well-curated untuk nemenin hari-hari kamu Funatic. Yuk langsung di follow playlist-nya!

  1. Give yourself a break!

Ini nih satu hal yang sering dilewatkan sama mahasiswa online kayak kita. Setelah kuliah seharian dan ngerjain tugas sampai malam, biasanya pasti Funatic lanjut nonton series Netflix atau drama Korea yang lagi hits deh.. Iya apa iya?? Kalau jawaban Funatic iya, tandanya kalian butuh istirahat dari gadget. Sadar nggak sadar, screen time kita selama pandemi melonjak drastis karena kuliah online loh, Funatic. Intensitas screen time yang berlebihan bisa bikin kita gampang lelah dan burn out. Karena itu punya waktu istirahat dari layar sangat penting buat kita.

Kalau Funatic khawatir bakalan bosan karena nggak megang gadget, tenang aja Funatic! Banyak kok hal seru yang bisa kalian lakukan untuk menghabiskan waktu tanpa gadget. Contohnya seperti membersihkan rumah, work out, atau melakukan hobi kalian. Biar nggak sepi-sepi banget, Funatic juga bisa loh melakukan kegiatan tersebut sambil dengerin podcast dan siaran on air-nya FUN Radio! Dengan topik yang menarik dan announcer yang seru nan heboh, dijamin Funatic bakal ngerasa ditemenin seharian! Jangan lupa cek Podcast Sambil Kuliah (PSK) di Spotify dan pantengin terus siarannya FUN Radio ya, Funatic!

  1. Self-reward

Hal terakhir yang menjadi favorit kita semua adalah… Yup, self reward!! Meskipun banyak stigma buruk mengenai self reward, hal ini cukup penting agar kita bisa lebih menghargai usaha-usaha kita untuk tetap fokus belajar, Funatic. But keep in mind ya Funatic, self reward-nya juga nggak boleh berlebihan.

Self reward nggak harus selalu barang mahal kok! Bentuk rasa terima kasih kepada diri kita sendiri bisa dilakukan melalui banyak hal, Funatic. Contohnya, ketika sudah berhasil menghindari distraksi seperti nonton Netflix atau scroll media sosial agar waktu belajar nggak terganggu, kalian akhirnya boleh melakukan kegiatan tersebut saat sudah berhasil fokus belajar. 

Nah, buat Funatic yang self reward-nya scrolling media sosial, boleh nih follow media sosialnya FUN Radio! Kalau kalian hobi scroll TikTok, wajib banget pantengin TikTok-nya FUN Radio. Suka sambat tentang kehidupan mahasiswa? Kamu butuh Olly untuk nemenin kamu di Twitter! Butuh updates musik atau infotainment terbaru? Coba deh cek Instagram FUN Radio. Ada FUN Chart, Hot Music, Trivia, dan masih banyak konten seru lainnya!

Itu dia beberapa tips #KuliahBarengFUN yang bisa Funatic ikuti biar experience kuliah online kalian tetap asik dan pastinya selalu ada something new. On top of that, jangan lupa kumpulkan niat yaa, Funatic. Karena tanpa niat, tips di atas akan sangat sulit terlaksana. Semoga Funatic bisa menjalani semester genap ini dengan fun bareng FUN Radio, yaa. Adios, Funatic!

    Leave Your Comment Here