Lagi osjur? 6 hal ini harus kamu hindari!

Disusun dan Diketik Oleh : Divya Sekar

Setelah rangkaian ospek universitas dan ospek fakultas terlewati, tibalah masa-masa indah selanjutnya untuk maba alias mahasiswa baru menjalani ospek jurusan. Setelah mengenal universitas dan fakultas, mahasiswa baru juga difasilitasi oleh tiap prodi untuk dapat mengenal prodinya masing-masing lebih jauh lagi.

Eits, jangan salah, Funatic. Ospek jurusan ini ngga kalah penting, lho, dari ospek-ospek sebelumnya. Bahkan beberapa testimoni dari maba alias mahasiswa baheula menyatakan kalau ospek jurusan memberikan sejumlah manfaat yang signifikan, seperti lebih kenal dan jadi akrab dengan teman seangkatan dan kakak tingkat di jurusan, punya skill  baru yang berguna di tugas kuliah, dan lebih kuat secara mental menghadapi cobaan dan ujian hidup di masa-masa sulit perkuliahan yang banyak tugas.

Tentunya setiap peristiwa datang dengan tantangan dan pantangan. Dan artikel ini membahas hal-hal apa aja yang perlu Funatic hindari saat sedang menjalani osjur.

  1. Telat ngumpulin tugas

Masa-masa ospek identik dengan masa-masa tugas, tak terkecuali ospek jurusan. Entah itu tugas kelompok, kek, atau tugas individu, kek, yang namanya tugas pasti menyita waktu dalam proses penyelesaiannya, kan, Funatic? Belum lagi kalau ngalah sama rasa mager dan jadi nunda-nunda. Biasanya, tugas yang dikasih sama kakak tingkat alias kating selama osjur memiliki waktu pengumpulan yang unik dan tepat sampe ke menitnya, (contoh: 23.33, 20.59, dll). Tapi, kalau sampai telat, persiapkan diri terhadap konsekuensinya, ya, Funatic! Bisa jadi cuma ditegur saat evaluasi, tapi bisa jadi juga malah dikasih tugas tambahan yang lebih horror!

  • Gak ngerjain tugas

Entah karena mager, lupa, atau seribu satu alasan lainnya, jangan sampai deh Funatic ngga ngerjain tugas! Pasalnya, tugas yang diberikan ketika osjur juga punya seribu satu manfaat, lho. Tugas yang diberikan selama osjur bisa jadi adalah tugas yang akan Funatic dapatkan di kelas, jadi nanti Funatic ngga kesusahan lagi kalau beneran ketemu tugas yang serupa di kelas. Selain itu, kemampuan Funatic bisa jadi nambah atau lebih terasah kalau ngerjain tugas osjur, entah itu dalam penulisan, desain, maupun video editing atau skill lain yang dibutuhkan untuk penyelesaian tugas. Dan dengan ngerjain tugas, bisa jadi Funatic jadi akrab sama orang baru, mungkin jadi sahabat, geng nongkrong, atau malah gebetan–hati-hati bermain hati, ya, Funatic!

  • Datang telat

Hayoo, siapa di antara kalian, Funatic, yang hobinya berangkat mepet-mepet? Sesampainya di kampus, jadinya telat, deh. Ketika osjur, datang terlambat harus dikurangi dan dihindari, ya, Funatic, karena itu bakal merugikan kamu sendiri. Menuju dan tiba di ruangan dengan jantung deg-degan, belum lagi diliatin teman-teman dan kakak tingkat, atau bisa jadi kamu ketinggalan materi. Dan seremnya lagi, bisa jadi kamu ngga dibolehin masuk, kena hukuman, atau dikasih tugas tambahan. Haduh capedeeh! Makanya, Funatic, setting alarm kamu lebih cepat dari biasanya, ya! Sediakan waktu untuk jaga-jaga kalau kena macet di jalan, atau untuk makan supaya perut kamu ngga berbunyi seperti genderang mau perang di rangkaian nanti.

  • Salah kostum

Setiap rangkaian osjur, bisa jadi memiliki dresscode yang berbeda-beda, sesuai dengan konten acara pada hari tersebut. Dibaca dengan teliti, ya, Funatic, agar kamu tidak salah kostum nantinya. Kalau dresscode mengharuskan untuk memakai celana training sedangkan kamu pakai jeans, jadi ngga nyaman deh selama beraktivitas di rangkaian, Kalau dresscode mengharuskan untuk memakai pakaian formal alias kemeja dan celana bahan sedangkan kamu pakai legging, bisa-bisa kamu kena hukuman dan lagi-lagi dapat tugas tambahan. Belum lagi beban diliatin sama teman atau kating sehingga kamu jadi bertanya-tanya,

“Ayah, mengapa aku berbeda?”

“kamu saltum, nak.”

  • Tebar pesona

Walaupun masa-masa osjur adalah masa yang indah bagi kamu mengenali jurusan kamu lebih dalam lagi, masa osjur bukanlah masa yang indah bagi kamu yang mau TP alias Tebar Pesona, Funatic! Pasalnya, osjur biasanya punya aturan mengenai penampilan dan aksesoris yang boleh kamu kenakan, juga wangi parfum agar tidak berlebihan. Lagi pula, masa-masa osjur ngga akan berlangsung selamanya, kok. Kamu masih bisa TP ketika rangkaian osjur sudah berakhir nanti, ketika ngga ada aturan yang mengikat dan semua orang ngga sedang underpressure, termasuk kamu sendiri, Funatic. Kalau semua orang lagi stress out dan kamu kinclong sendiri, bisa jadi kamu cuma keliatan kinclong untuk sementara, hiburan mata bagi mereka yang sengsara dan merana. Tapi ingat ya, Funatic, yang terpenting itu bukan hanya penampilan, tapi juga kepribadian!

  • Jajan sembarangan

Last but not least! Selama osjur, Funatic ngga boleh lupa untuk selalu menjaga kesehatan. Jangan sampai Funatic malah jajan sembarangan dan berujung di ranjang rumah pesakitan! Kalau sakit, bukan cuma uang yang terbuang, tapi juga waktu untuk kamu melakukan aktivitas lain. Belum lagi, kalau Funatic harus ngejar tugas dan materi lainnya untuk kelulusan osjur. Maka dari itu, kesehatan harus selalu dijaga supaya terhindar dari beban-beban yang tidak perlu. Slogannya, ‘karena ranjang kosan lebih nyaman dari ranjang rumah pesakitan’.

Nah, itu dia 6 hal yang harus Funatic hindari selama menjalani rangkaian osjur. Bukan cuma untuk diterapkan di rangkaian, tapi Funatic juga bisa menerapkan 6 hal di atas semasa hari perkuliahan biasanya, lho! Pokoknya, di aktivitas apapun yang sedang kamu jalani, jangan lupa untuk bernafas, makan dan minum yang cukup, juga untuk tertawa dan jaga kesehatan ya, Funatic!

    Leave Your Comment Here