5 Makanan Favorit Mahasiswa Jatinangor

Oleh: Astrid Eveline, Disunting Oleh: Mahdika Andamufqi

Jatinangor merupakan kota kecil di Jawa Barat yang disebut sebagai Kota Pendidikan. Menyandang status Kota Pendidikan, Jatinangor tidak terlepas dari peran pelajar terutama mahasiswa. Di Jatinangor sendiri terdapat beberapa kampus dan perguruan tinggi ternama di Indonesia, yaitu Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Bandung, IKOPIN, dan IPDN. Banyaknya kampus dan perguruan tinggi membuat Janinangor menjadi kota yang memiliki cukup banyak pendatang setiap tahunnya, dan tidak terlepas dengan segudang kegiatan para mahasiswa.

Mayoritas mahasiswa yang berkuliah di Jatinangor merupakan pendatang dari luar kota, baik dari dalam ataupun luar pulau Jawa. Secara langsung dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang berkuliah di Jatinangor tinggal dan menetap di rumah kos ataupun apartemen sekitar. Melihat hal ini, sebagai anak kos yang hidup merantau cukup jauh dari rumah dan orang tua, kita dituntut untuk dapat mengatur dan memenuhi segala kebutuhan yang ada dengan secukupnya, terutama kebutuhan pokok sehari-hari yaitu makan dan minum.

Sebagai mahasiswa yang dituntut untuk aktif, tentu saja kitra harus selektif dalam memilih makanan sehari-hari kita, terutama dari segi kebersihan, rasa, dan harga. Dalam memilih makanan, mahasiswa juga memiliki kebiasaan untuk melakukan “wisata kuliner” untuk memilih makanan mana yang cocok dengan selera dan kantong kita. Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan yang wajib kamu cicipi di Jatinangor :

  1. Goreng SPG (Sambal Pedas Gurih)

Ayam goreng SPG merupakan salah satu makanan favorit para mahasiswa Jatinangor. Rumah makan yang menyediakan ayam goreng serundeng, sambal hijau, dan lauk lainnya seperti ikan goreng, tahu, tempe dan sayur ini merupakan cabang di daerah Jl. Dipati Ukur, dan untuk di Jatinangor sendiri mereka memiliki 2  cabang yaitu di seberang travel Arnes dan di seberang supermarket Yogya. Cukup dengan harga 14 ribu rupiah, kamu bisa menikmati ayam goreng serundeng, nasi hangat, dan sambal. Jadi gaada alasan deh kamu ga coba makanan ini!

Sumber: Google.com

2. Nasi Goreng Rahayu

Buat kamu yang suka makan dengan porsi besar cocok banget nih buat makan ini. Rumah makan yang terletak di Jl, Sayang tepatnya di samping Copa Printing Jatinangor ini menyediakan beberapa menu makanan seperti mie, nasi dan kwetiaw rebus ataupun goreng. Selain porsi yang banyak dan rasa yang enak, harganya terjangkau loh!

3. Sate Solo & Tongseng Sebrang Masjid ITB

Mungkin belum banyak yang tahu mengenai rumah makan ini. Rumah makan yang menyediakan sate, tongseng, dan gulai ayam ataupun kambing ini menjadi favorit mahasiswa Jatinangor. Selain rasanya yang enak dan gaada tandingannya di Jatinangor, harganya pun sangat terjangkau.

Sumber: Google.com

4. Coto Makassar

Coto Makassar yang terletak di depan Koramil Jatinangor ini cocok buat kamu yang rindu akan kuliner nusantara. Tempat makan yang buka mulai sore hingga malam hari ini menyediakan coto Makassar sapi dan ayam serta pelengkap lainnya. Coto yang dibandroll dengan harga 15 ribu per magkoknya ini cocok sebagai menu makanan malam hari kamu untuk menemani dinginnya Jatinangor.

5. Mie Yamin Pak Amien

Buat kamu penggemar mie, selain bisa makan ramen, kamu juga bisa makan mie ayam yamin yang terkenal enak di Jatinangor ini! Mie Yamin Pak Amien ini terletak di seberang Koramil Jatinangor. Rumah makan ini menyediakan beberapa menu seperti mie dan bihun yamien asin dan manis serta bakso dan pangsit sebagai pelengkapnya. Harga yang terjangkau dan rasa yang enak membuat mie ayam ini rame terus dengan mahasiswa setiap makan siang dan malam. Jadi, jangan lupa cobain ya!

Nah, berikut beberapa list makanan yang wajib kamu coba sebagai anak kos di Jatinangor. Sebelum makan pastikan kamu ajak teman-teman ya biar makannya ga sendirian (he he), selamat mencoba!

  • Wulan

    Mantull…boleh nemu artikel dari google, menarik dan bermanfaat sekali artikelnya, ditunggu next artikel nya.

Leave Your Comment Here