Menilik Kisah Inspiratif Kartini Indonesia Masa Kini

Ditulis oleh: Deihani Tesalonika | Disunting oleh: Esra Julianti O

Halo Funatic! Kalian pasti sudah nggak asing lagi ‘kan dengan tanggal 21 April. Yup, setiap tanggal 21 April Indonesia akan memperingati Hari Kartini. Seperti yang kita tahu nih Funatic, Ibu Kartini telah berhasil memperjuangkan hak-hak perempuan serta mewujudkan kesetaraan pendidikan antara laki-laki dan perempuan di Indonesia. Perjuangan Ibu Kartini telah memberikan dampak besar yang bisa kita nikmati hingga saat ini. Salah satunya adalah kesempatan bagi perempuan Indonesia untuk belajar dan berkarya sesuai keinginannya, menikmati pendidikan formal setinggi-tingginya, dan pastinya dapat berkarir di dunia luas. Semangat belajar dan berkarya perempuan Indonesia yang tinggi membuat perjuangan Kartini tidak menjadi sesuatu yang sia-sia. Hingga kini, perjuangan Kartini telah menginspirasi wanita Indonesia untuk turut mengikuti jejaknya menjadi Kartini-Kartini modern. Nah Funatic, berikut ada beberapa tokoh Kartini modern yang bisa jadi inspirasi buat kamu di hari Kartini ini!

1.     Dian Sastrowardoyo

https://kitabisa.com/campaign/beasiswadian

Siapa sih yang nggak kenal Dian Sastrowardoyo? Sejak usia belia, aktris dan model popular Indonesia ini telah berkarir di industri hiburan. Walau begitu, Dian Sastrowardoyo tetap memprioritaskan pendidikannya loh, Funatic. Dian menempuh pendidikan S1-nya di Universitas Indonesia jurusan Ilmu Filsafat, kemudian melanjutkan S2 di universitas yang sama dengan jurusan Ekonomi.

Nggak cuma mengedepankan pendidikannya, ternyata Dian juga turut membantu pendidikan perempuan Indonesia yang memiliki potensi besar. Dilansir dari Kompas.com, wanita yang kerap disapa Dian Sastro ini  membuat campaign beasiswa kuliah bagi pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu. Hingga saat ini, sudah ada sekitar 17 anak yang menjadi penerima beasiswa dari Dian. Campaign beasiswa yang dilaksanakan sejak tahun 2015 ini telah meluluskan tujuh orang anak yang diantaranya kini ada yang telah menjadi pegawai kantoran, pengacara, hingga dokter. Kisah inspiratifnya telah memboyong Dian Sastro menjadi wanita inspiratif tahun 2016 silam oleh Forbes Indonesia . Keren banget ya, Funatic!

2.     Maudy Ayunda

https://www.thejakartapost.com/life/2019/03/05/maudy-ayunda-accepted-at-harvard-stanford.html

Sama seperti Dian Sastro, Maudy Ayunda juga terjun ke dunia entertainment sejak masih belia. Bakatnya dalam dunia akting dan musik telah mengantarkan Maudy pada kesuksesan dan prestasi di usia muda. Selain akting yang keren dan suara yang merdu, Maudy juga dikenal sebagai wanita yang cerdas. Kecerdasan dan semangat belajar Maudy Ayunda memang sudah terlihat dari kecil nih, Funatic. Jadi nggak heran jika ia berhasil diterima di universitas ternama dunia seperti Oxford dan Stanford. Karena prestasinya tersebut, Maudy terpilih menjadi salah satu dari 30 orang sukses sebelum usia 30 tahun (30 Under 30) oleh Forbes Asia 2021.

Maudy juga memiliki kepedulian yang besar terhadap isu sosial loh, Funatic. Ia mewujudkan kepeduliannya pada anak-anak muda Indonesia dengan mendirikan yayasan bernama Maudy Ayunda Foundation. Yayasan ini memberikan beasiswa dan mentoring kepada anak-anak yang kurang mampu. Maudy juga punya cita-cita untuk mendirikan sekolah, di mana dia akan terjun langsung menjadi guru dan mengajar disana. Sumpah, keren banget deh Maudy!

3.     Cinta Laura Kiehl

https://magdalene.co/story/cinta-laura-kiehl-dari-dunia-akting-ke-aktivisme-sosial

Last but not least, ada si cantik Cinta Laura, artis dan musisi blasteran Indonesia – Jerman, yang tak disangka-sangka memiliki segudang prestasi. Cinta Laura menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Columbia dengan mengambil double degree di bidang Psikologi dan Sastra Jerman, loh Funatic! Cinta bahkan berhasil menyelesaikan pendidikannya hanya dalam waktu 3 tahun dengan predikat cumlaude. 

Nggak kalah keren dari Dian Sastro dan Maudy Ayunda, Cinta juga memiliki yayasan keluarga bernama Soekarseno Peduli yang fokus untuk membantu murid dan guru yang membutuhkan. Lebih kerennya lagi nih Funatic, Cinta Laura mulai terjun ke dunia aktivis dan secara vokal menyuarakan isu-isu terkait perempuan di Indonesia. Kepedulian Cinta Laura terhadap isu-isu tersebut membawa kesempatan baginya untuk menjadi duta Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. So inspiring!

Gimana Funatic? Keren banget kan ketiga Kartini modern ini? Bukan cuma cantik dan cerdas, tetapi mereka juga punya rasa peduli yang tinggi kepada sesama. Pendidikan dan kebebasan untuk menentukan pilihan telah membuka mata mereka akan pentingnya kesempatan untuk mendapat edukasi bagi orang lain. Masing-masing dari Kartini modern tadi memiliki cara tersendiri untuk menginspirasi. Kalau kamu sendiri gimana Funatic? Siap nggak menjadi Kartini modern dan menginspirasi orang-orang sekitarmu? Jangan mau kalah yuk, Funatic! Kita juga pasti bisa menjadi Kartini yang menginspirasi bagi orang lain. Let’s be a smart and brave woman, Funatic. Selamat Hari Kartini!

    Leave Your Comment Here