Menilik Kolaborasi F&B di Indonesia Selain BTS x McDonald’s

Ditulis oleh: Velycia Debora | Disunting oleh: Daffa Hakim

Hellow Funatic! Siapa yang ikutan euforia BTS meal’s minggu lalu nih?  

Baru-baru ini seluruh media sosial dihebohkan dengan ramainya sejumlah gerai McDonald’s yang dipadati oleh antrian driver ojek online dan drive thru, hal ini dikarenakan adanya kolaborasi BTS dengan McDonald’s. Kolaborasi McDonald’s dengan salah satu boygroup korea ini resmi launching pada tanggal 9 Juni 2021 kemarin. Pada awal perilisan, Indonesia menjadi salah satu negara di Asia yang mendapatkan kesempatan merasakan BTS meals ini yang dijadwalkan pada tanggal 25 Juni 2021. Tetapi, melalui tweet McDonald’s Indonesia menyatakan jika menu kolaborasi ini akan dimajukan lebih awal pada tanggal 9 Juni, tepatnya minggu lalu. 

Dalam mengantisipasi kerumunan yang terjadi dan mengutamakan kesehatan para konsumen dan karyawannya, Director of Marketing for McDonald’s Indonesia menegaskan bahwa pembelian BTS Meal ini hanya dapat dipesan melalui layanan McDelivery, drive thru, Gofood, Grabfood, maupun Shopeefood. Jika dilihat secara umum, memang tidak ada yang spesial dari menu baru BTS Meal ini selain dari sausnya dan kemasannya. Menu kolaborasi ini, terdiri atas 9 pieces McNuggets, juga ada Cajun and Sweet Chili sauces, Medium Fries, serta Cola. Hal unik yang menjadi pemicu semua orang, terutama Army, sebutan untuk fans BTS, yaitu kemasannya yang berlogo BTS berwarna ungu. 

Selain BTS x McDonald’s ternyata beberapa usaha yang bergerak dibidang FnB yang melakukan kolaborasi untuk meningkatkan marketing nya. Ada yang bisa tebak gak nih, Funatic? Yup! Salah satunya ada Lawless Burgerbar, yang sering dijuluki restoran burger bernuansa heavy metal ini pernah melakukan kolaborasi dengan salah satu label cyclingwear asal Jakarta bernama Life Behind Bars (LBB). Jika dianalisis lebih dalam, antara burger dengan cyclingwear memang tidak memiliki hubungan yang setara, tetapi dari sinilah yang menjadikan kolaborasi yang diberi nama Spindle Tap menjadi unik. Lawless x LBB mengeluarkan menu breakfast burger yang terisi Italian beef patty sebagai focal point burger ini. Bukan itu saja. Ada beef bacon, red cheddar, Russian dressing, hash browns dan telur yang diolah menjadi sunny side up, yang membuat kolaborasi ini spesial. 

Saingan McDonald’s pada bulan april kemarin baru saja merilis kolaborasi mereka dengan delapan brand lokal, banyak banget ya. KFC Naughty by Nature menggandeng delapan brand sekaligus diantaranya ada, Zulu yang merilis sebuah helm berwarna hijau yang dilengkapi dengan stripes putih di sekelilingnya, Cosmonauts juga merilis coach jacket dengan konsep space war ditambah dengan sosok kolonel Sanders dan Vlad pada jaket tersebut. Masih dalam clothing brand, KITC juga mengeluarkan kaos, masker, topi, dan beberapa aksesoris yang menggambarkan kolonel Sanders tetapi dibuat dengan animasi. Gaudi juga merilis hoodie dengan gabungan warna biru dan putih tak lupa dengan tulisan Colonel’s Generation di belakangnya, serta ada Crozz, dan Jackhammer. Swallow Footwear juga membuat sandal jepit dengan warna earth tone yang berbeda di setiap sisinya. Kolaborator terakhir yang produknya sangat unik yaitu, Hirka memproduksi sepatu yang limited dengan material yang berasal dari kulit ceker ayam yang diwarnai dan dijadikan pola upper untuk sepatu Hirka x NaughtybyNature KFC. 

Ternyata bukan hanya bidang F&B aja loh funatic, brand make up lokal ini juga pernah melakukan kolaborasi yang diluar akal. Dear Me Beauty merupakan salah satu merk make up lokal yang cukup terkenal. Di akhir tahun 2020, Dear Me Beauty menggandeng brand food and beverage untuk meluncurkan produk make up mereka. Brand make up lokal ini hadir dengan Nissin, Yupi, juga Sasa, kolaborasi ini sempat menjadi perbincangan karena semua packagingnya yang lucu dan khusus didesain menyerupai produk FnB nya. 

Beberapa tahun kebelakangan, seluruh industri baik di bidang FnB, make up, streetwear, selalu memberikan inovasi yang tidak terduga. Perpaduan antara dua budaya yang bertolak belakang yang dijadikan satu dengan kreatifitas yang menarik membuatnya semakin terkenal bahkan di kancah internasional. Melalui kolaborasi inilah, kita menjadi tahu bahwa banyak produk lokal yang memiliki kompetensi yang baik dan patut didukung. 
Dari keempat kolaborasi yang ada, menurut Funatic kolaborasi mana nih yang paling menarik?

    Leave Your Comment Here