Peran Besar Perempuan dalam Dunia Jurnalistik

Ditulis oleh: Daffa Hakim | Disunting oleh: Esra J Ompusunggu

Heyyo Funatic! dalam rangka merayakan Hari Perempuan Internasional setiap 8 Maret, Kedutaan besar Amerika Serikat mengadakan acara virtual dengan konsep diskusi bersama narasumber di akun Youtube @america dengan judul Women’s Leadership in Broadcast Journalismpada Selasa (9/3/2021).

Acara virtual yang dikemas dengan sangat berbeda ini menggunakan Bahasa Inggris dan juga Bahasa Indonesia, serta menggunakan interpreter bagi kaum difabel!

Acara ini turut mengundang Heather Variava, Chargé d’affaires di Kedutaan Besar AS di Jakarta, Desi Anwar, senior jurnalis/direktur CNN Indonesia TV, dan Fifi Aleyda Yahya, senior jurnalis dan kepala komunikasi korporasi di Metro TV. Acara ini juga dipandu oleh Karina Soerjanatamihardja, seorang broadcaster di Mustang FM.

Kedutaan Besar Amerika Serikat melalui acara ini memberikan pesan luar biasa lho, Funatic! Pembicara pertama, yaitu Ibu Heather Variava mengatakan bahwa dia pernah bekerja dan menjadi satu satunya perempuan dalam ruangan, dan memberikan pesan kepada seluruh wanita di Indonesia bahwa ketika kita bekerja jangan fokus dengan siapa kita, perempuan atau laki laki, tapi yang harus diperhatikan adalah apa yang sedang kita kerjakan dan apa yang harus kita selesaikan. Dengan itu, wanita tidak akan merasa terintimidasi.

baca juga: 5 Film Komedi ini Bisa Jadi Pilihan Hiburan Selama…

Begitupun dengan pembicara kedua, Ibu Desi Anwar yang menceritakan tentang perjalanannya menjadi jurnalis, dari awal berkarir hingga menjadi jurnalis senior yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Diceritakan pula tokoh-tokoh terkenal yang pernah diwawancarai oleh Ibu Desi Anwar, yang salah satu diantaranya adalah Bill Gates. Ibu Desi Anwar menceritakan pengalaman 30 tahunnya menjadi jurnalis dan telah melewatkan berbagai pengalaman menarik. Dalam pemaparannya, Ibu Desi menyampaikan secara tersirat bahwa jurnalis merupakan pekerjaan yang tidak melihat latar belakang, melainkan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh siapapun yang memiliki keinginan tinggi.

baca juga: Menggunakan Jas Almet Mirip Unpad, Film KKN di Desa…

Fifi Aleyda Yahya, sebagai pembicara ketiga mengatakan bahwa kematangan dan suasana yang mendukung sangat lah penting. “Am i doing the right thing, am i being a good mother tapi i also want to pursue my career as a journalist, jadi itu lah yang menyebabkan kita butuh kematangan, kematangan yang bisa dibentuk dari masukan-masukan atau pengalaman hidup yang kita dapat selama bekerja dan ketemu dengan orang-orang yang memberikan feedback yang supportive dan tidak saling menjatuhkan,” jelasnya. Pasti Funatic, terutama kamu para wanita pasti setuju banget dah sama pernyataan Ibu Fifi!

Setelah ketiga pembicara memberikan pemaparan, dibuka sesi pertanyaan untuk para penonton yang hadir dan acara pun berjalan lancar hingga akhir. Funatic bisa langsung kunjungin aja Youtube atamerica untuk nonton lengkapnya, ya!

    Leave Your Comment Here