Refleksi Pendewasaan Oscar Lolang dalam Lagu “Dewasa”

Ditulis oleh: Vanni Maria Ambarita | Disunting oleh: Esra J Ompusunggu

Funatic! Ketika kamu mendengar kata dewasa, apa yang terlintas dalam benak kamu? Umumnya orang akan beranggapan bahwa dewasa dapat dilihat dari usia, yang mana jumlah angka itu dianggap menunjukan kedewasaan seseorang. Tapi, tahu ngga sih, bahwa kedewasaan itu tidak hanya berpacu pada angka usia saja, melainkan cara berpikir tiap individu juga mempengaruhi proses pendewasaan. Oleh karena itu, umur bukanlah jaminan atas kedewasaan ya, Funatic!

Dewasa, tiga suku kata yang sering dianggap horror. Bertambahnya usia, pikiran, dan juga tanggung jawab yang semakin besar adalah salah satu “gejala” bertambahnya dewasa menurut sebagian orang. Berbeda dengan Oscar Lolang, seorang musisi asal Jakarta yang baru saja merilis single terbarunya berjudul “Dewasa”. Menurutnya, dewasa sendiri berarti ketika seseorang sudah berhasil mandiri, namun juga bertambahnya kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Oscar menambahkan, dewasa itu bukan dilihat dari hasilnya melainkan bagaimana proses seseorang mencapai titik kedewasaan tersebut. 

Dilihat dari video lirik lagu ini yang baru saja dirilis, interpretasi didalamnya merupakan sebuah perjalanan. Berfokus pada sebuah tas yang diibaratkan sebagai tempat untuk menampung segala keperluan yang dibutuhkan ketika melakukan “perjalanan” menuju dewasa. Oleh karena itu, dalam video tersebut terdapat potongan-potongan foto yang diambil dari satelit google untuk memberikan gambaran kepada penonton melalui perjalanan virtual.

Untuk penulisan lirik, Oscar mengungkapkan bahwa lagu ini diciptakan ketika ia dengan teman-temannya sedang berbincang santai. Penulisan lirik ini juga tidak membutuhkan proses yang serius, melainkan mengalir seiring berjalannya percakapan tersebut.

Penggalan lirik “Sebab dunia bukan cuma soalmu dan teman-temanmu” merupakan salah satu lirik favoritnya. Menurutnya, lirik tersebut merupakan mantra untuk diri sendiri, juga sebagai highlight dari lagu ini. Oscar juga mengaku jika ia sangat suka menulis lirik dan merasa passionate dibidang tersebut, ketimbang harus mengaransemen melodi. Ia sangat menghargai para musisi yang cerdas dalam penulisan lirik yang mampu membuat para pendengarnya terhanyut dalam alunan kata-kata.

Tak hanya single, Oscar juga akan merilis album di waktu mendatang loh Funatic! Ia memberikan bocoran sedikit bahwa rencananya akan ada banyak lagu di dalam album ini. “Yang pasti targetnya tahun ini akan dirilis, berharapnya sih pertengahan tahun,” tambah Oscar, Rabu (23/03/2021). Namun, untuk saat ini Oscar masih belum bisa memberikan tanggapan lebih jauh terkait albumnya. Ia mengajak pendengar untuk menantikan perilisan album tersebut. “Stay tune terus karena akan ada sesuatu yang akan dirilis,” tutupnya.

Buat kamu yang lagi dalam proses menuju dewasa, lagu ini cocok banget untuk didengar sebagai bagian dari refleksi. Kamu bisa dengarkan di platform musik digital kesayanganmu ya, Funatic!

    Leave Your Comment Here