Rekomendasi Aplikasi untuk Tingkatkan Produktivitas Kamu

Ditulis oleh: Velycia Debora | Disunting oleh: Esra J Ompusunggu

Hai Funatic! Di masa-masa yang semuanya serba online seperti ini kadang sulit gak sih untuk bisa jadi orang yang produktif? Ditambah lagi sekarang kita masih aja kuliah jarak jauh yang membuat waktu untuk jadi kaum rebahan makin banyak dan fokus kadang sering terganggu juga. Funatic pasti ingin dong untuk bisa jadi produktif, dimana kita bisa mengatur kegiatan kita supaya balance antara waktu belajar dan mainnya. Sayangnya untuk bisa masuk ke dalam fase “produktif” ini tidak mudah, kebanyakan dari kita masih suka scrolling TikTok, ataupun menghabiskan waktu dengan nonton drama korea . Rasanya kurang lengkap kalau #KuliahBarengFUN nggak kasih solusi untuk masalah ini. Jangan khawatir, karena disini Funcrew mau kasih beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk membantu Funatic jadi lebih produktif.

  1. Notion 

Aplikasi yang dirilis tahun 2016 ini, sempat booming di awal pandemi dan banyak juga digunakan oleh content creator. Pada dasarnya, Notion merupakan aplikasi digital notes yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mempermudah penggunanya. Notion sendiri juga dilengkapi dengan templat yang bisa Funatic custom sesuai kebutuhan. 

  1. Study Bunny: Focus Timer

Funatic! Siapa nih yang suka sulit fokus tapi tetap mau produktif? Sekarang ini banyak loh aplikasi yang bisa bantu Funatic untuk fokus sehingga bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin, salah satunya Study Bunny. Mungkin terdengar lucu ya ketika mendengar namanya, tapi aplikasi ini sangat membantu Funatic untuk fokus ketika mengerjakan sesuatu. Lewat aplikasi ini, Funatic dapat mengatur seberapa banyak waktu yang akan dihabiskan untuk belajar, tracking proses belajar, sampai fitur flashcard. 

Seperti namanya nih, setiap menggunakan aplikasi ini Funatic akan ditemani oleh kelinci lucu yang bisa di-make over dengan koin yang didapatkan setiap kali Funatic menyelesaikan tugas. Selain ditemani oleh bunny, setiap kali kita menjeda waktu, maka akan muncul kata-kata motivasi di layar handphone Funatic! Gimana, oke banget kan ya aplikasi ini?

  1. Skillshare 

Kali ini, Funcrew mau rekomendasiin salah satu aplikasi untuk improve skill atau bahkan menambah skill baru untuk Funatic! Skillshare sendiri merupakan sebuah online learning platform yang mampu mengasah kreativitas Funatic. Dalam aplikasi ini,  terdapat banyak kelas dibidang desain, fotografi, videografi, menulis, animasi, musik, bahkan sampai ke bidang bisnis. 

Kelas-kelas ini dapat dipilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan Funatic sendiri. Tak hanya belajar, di Skillshare Funatic juga bisa bertemu dengan user lainnya dengan minat yang sama, sehingga Funatic bisa saling bertukar pikiran atau bahkan membuat proyek bersama . 

  1. Hellotalk 

Siapa sih yang ga ingin menguasai lebih dari 1 bahasa asing? Ditambah dengan banyaknya manfaat yang bakalan kita dapatkan. Sayangnya untuk les bahasa memang memakan biaya yang cukup mahal. Well,  Funatic nggak perlu khawatir lagi karena Funcrew dengan baik hati akan spill salah satu aplikasi keren untuk belajar bahasa. 

Berbeda dengan platform bahasa lainnya, dalam Hellotalk ini Funatic tidak akan mendapatkan video materi, maupun kuis yang bisa dikerjakan. Uniknya, melalui Hellotalk kamu akan diajak untuk berkomunikasi secara langsung dengan native speaker layaknya ngobrol bareng teman. Kalau Funatic nggak nyaman dengan fitur call, Hellotalk juga memfasilitasi fitur chatting seperti Line dan Whatsapp.     

  1. Spotify 

Untuk Funatic yang masuk dalam golongan orang yang nggak bisa hidup dengan musik, kayaknya harus punya aplikasi ini sih. Yup! Spotify, platform musik digital  yang bisa bantu meningkatkan produktivitas kamu. Sebagian besar manusia menjadikan musik sebagai salah satu komponen yang tidak bisa lepas ketika sedang melakukan aktivitas, karena musik dapat meningkatkan mood seseorang yang berimbas pada proses dan hasil pekerjaan kita.  

Selama bekerja atau belajar, kestabilan mood juga harus dijaga supaya kegiatan yang kita lakukan dapat terlaksana dengan maksimal. Selain musik, Spotify juga memiliki banyak podcast yang juga bisa menambah insight  bagi Funatic!

Itu tadi 5 aplikasi yang bisa membantu Funatic untuk lebih produktif lagi. So, gak ada alasan untuk jadi kaum rebahan dan mager lagi. Yuk mulai produktif bersama #KuliahBarengFUN!! 

    Leave Your Comment Here