Suka Duka Ospek Online

ditulis oleh: Denesha Putri | disunting oleh: Divya Sekar

Halo, Funatic! Apa kabarnya nih #diRumahAja selama pandemi sekaligus saat liburan berlangsung? Sudah bosan? Atau pening karena perkuliahan sudah dimulai? Di awal semester ini, banyak banget lho yang udah mulai riweuh gara-gara ospek, terutama para maba alias mahasiswa baru x mahasiswa baheula. Selain mahasiswa baru yang sibuk mikirin ospek, ada juga nih mahasiswa baheula yang ribet mempersiapkan ospek. Duh, udah kaya duduk di pelaminan aja ya tuh berdampingan.

Ospek sering banget digambarkan sebagai masa-masa memberatkan nih bagi maba. Pasalnya, beban kuliah jadi bertambah lantaran tugas ospek yang balapan sama tugas dosen. Apalagi sekarang kelas dan ospek sama-sama online, wadaw! Kira-kira apa jadinya ya kalau ospek tahun ini hanya duduk di depan laptop sambil tegang sendiri?

Eits, tenang Funatic! Ternyata banyak, lho hal yang menguntungkan untuk kamu karena adanya ospek online ini:

  1. Melansir dari gensindo.sindonews.com, ospek online membuatmu lebih melek teknologi. Tentunya, karena kamu dituntut untuk mengoptimalisasikan teknologi dalam mengubah kegiatan konvensional menjadi digital. 
  2. Kamu gak perlu takut salah kostum! Kalau kamu saltum pun, bisa langsung ganti pakaian, kok. Ospek dari rumah membuatmu lebih santai dalam berpakaian karena hanya separuh badan yang terlihat. Banyak kan Funatic yang atasannya rapi, tapi bawahannya celana tidur? Hayo ngaku! 
  3. Gak tegang kalau sedang dimarahi kating alias kakak tingkat. Suasana suram online gak akan sebanding deh sama tegangnya ditatap kating langsung!
  4. Para kating dari divisi dokumentasi gak perlu repot foto sana-sini, tuh! Kerjaannya beralih jadi screenshot layar laptop saat rangkaian!

Walaupun demikian, tentu ada beberapa hal juga yang gak bisa Funatic dapatkan kalau ospek online:

  1. Kamu gak bisa kenalan langsung sama teman seangkatan dan kakak tingkat, nih. Jurus PDKT online kalian harus ditingkatkan ya, Funatic!
  2. Hal-hal seru seperti berbagi bekal makanan, dijemur di bawah terik matahari, main games, sampai dihukum bareng tampaknya gak bisa kamu rasakan selama ospek daring, Funatic. Jadi kurang merasa ‘senasib dan sepenanggungan’ gitu, deh.
  3. Bisa sering terjadi miskomunikasi, lho! Pastikan internet kalian lancar supaya gak salah paham dan kelewatan info saat rangkaian ospek berlangsung. 
  4. Sulit koordinasi tugas kelompok. Nah! karena daring, bisa jadi ada anggota yang gak muncul-muncul tuh saat tugas kelompok dan cuman ‘numpang nama’. Hati-hati, Funatic! Kamu bisa coba spam call dan tag teman kalian selama diskusi di group agar pesannya tidak tenggelam.

Nah, itu dia suka duka ospek online yang sekiranya bisa mewakili keadaan para maba di masa pandemi ini. Meskipun begitu, semoga Funatic tetap bisa melaksanakan ospek dan perkuliahan secara daring dengan lancar, ya! Walau perubahan datang silih berganti, Funatic tetap harus semangat beradaptasi to survive this pandemic! Tetap jaga kesehatan dan pantengin terus berita kami hanya di 1078funradio.com ya, Funatic!

    Leave Your Comment Here