Tips Menahan “HIP” di Kala Hujan

Ditulis Oleh: Divya Sekar, Disunting Oleh: Mahdika Andamufqi

Sebagai anak kecil, rasa malu ketika mengompol menjadi hal yang biasa. Namun lain halnya ketika kita sudah dewasa, rasa malu apabila kita mengompol menjadi hal yang luar biasa. Jika saat masih kecil kita terlatih untuk mengompol, sekarang tampaknya kita harus menangguhkan diri untuk menahan Hasrat Ingin Pipis (HIP). Ruangan rapat bertemakan kehidupan Eskimo, sedang dalam perjalanan panjang di antah berantah, bahkan saat kita gugup karena terciduk melakukan sesuatu yang abnormal kian menjadi sarana di kehidupan sehari-hari untuk melatih ketangguhan kita menahan HIP.

Menahan HIP memang bukan sesuatu yang baik untuk kesehatan, apalagi jika dilakukan dengan intensitas yang cukup tinggi. Dulu mungkin hanya sekedar dimarahi oleh orang tua jika kita menahan pipis, kini amarah orang tua kita dapat berubah wujud menjadi batu ginjal yang sayangnya tidak memiliki nilai ekonomis seperti batu akik. Akan tetapi, apa boleh buat apabila HIP terjadi di saat-saat yang kurang tepat. Apalagi ketika sedang turun hujan dan membuat sensasi HIP semakin terasa berkat suhu udara yang menjadi lebih dingin. Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba jika sedang turun hujan dan tidak memungkinkan kita untuk segera menyalurkan HIP.

  1. Alihkan Pikiran

Cobalah untuk memikirkan hal lain dan tidak terfokus pada HIP yang sudah diujung tanduk. Alihkan pikiran ke suatu hal yang jauh dari unsur air atau kamar mandi. Bisa juga dengan mendengarkan musik via earphone atau membaca bacaan dengan bahasan yang berbobot agar pikiran sepenuhnya teralihkan.

2. Hangatkan Badan

Pakailah jaket, syal, atau pakaian tambahan untuk menghangatkan badan, atau pergilah ke tempat yang tidak dingin. Buatlah diri Anda sehangat mungkin karena suhu yang dingin akan membuat HIP semakin memuncak.

3. Hindari Makanan Kering atau Pedas

Mengonsumsi makanan kering atau pedas dapat membuat tenggorokan terasa kering dan panas, sehingga membuat Anda merasa haus serta menambah kesengsaraan Anda di saat sedang menahan HIP. Jika lapar, Anda bisa mengonsumsi biskuit atau cemilan lain yang tidak asin dan tidak berminyak.

4. Hindari Konsumsi Cairan yang Tidak Perlu

Ketika sedang menahan HIP, minumlah jika Anda benar-benar merasa perlu minum untuk mencegah dehidrasi. Cairan yang dikonsumsi ketika sedang menahan HIP disarankan adalah air mineral, bukan air berasa atau yang memiliki kandungan lain karena dikhawatirkan dapat memperberat kerja ginjal ataupun kantung kemih yang sedang menampung urine.

5. Atur Posisi & Gerakan Tubuh

Jangan melakukan gerakan secara tiba-tiba karena otot badan akan kaget dan menambah tekanan yang membuat HIP semakin terasa. Bergeraklah secara perlahan dan natural. Jika sedang duduk, duduklah dengan badan tegak namun tetap rileks dan bukalah kedua kaki agar mengurangi tekanan pada pinggul dan otot paha. Jika sedang berdiri, silangkanlah kedua kaki untuk menahan otot yang menutup urethra atau jalur urine namun tetap control ekspresi wajah agar tetap terlihat cool walau sebenarnya Anda sedang gusar menahan HIP.

6. Hindari Tertawa

Ketika tertawa, otot-otot akan berkontraksi dan membuat kantung kemih semakin tertekan. Akibatnya sensasi HIP akan semakin terasa dan membuat Anda semakin nelangsa.

Tips di atas bisa dipraktekkan di manapun Funatics berada, Tapi sangat sampai keseringan, ya! Gunakan waktu seoptimal mungkin bersama toilet dan tetap stay cool saat harus menahan HIP, Funatics!

    Leave Your Comment Here