Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Ditulis Oleh: Vichela Regina. Disunting Oleh: Mahdika Andamufqi

Musim hujan telah tiba. Sedia payung sebelum hujan ya! Jangan sampai kehujanan, nanti kamu sakit. Tapi, yang bikin kamu sakit di musim hujan bukan karena kehujanan aja loh. Suhu udara yang beubah cepat dalam musim hujan, membuat kamu harus lebih memperhatikan kesehatan badan kamu. Walaupun ga ada yang merhatiin, ga ada salahnya kan merhatiin diri sendiri? Ini dia tips menjaga kesehatan di musim hujan

1. Jangan Lupa Makan

Walaupun ga ada yang ngingetin kamu makan, tapi perut punya alarm sendiri saat kamu kelaparan. Jadi, lebih peka sama badan sendiri ya! Makanannya yang sehat ya, jangan kebanyakan gorengan. Kalo kebanyakan, tenggorakan kamu bakal gatel. Kalo gatel, kan gabisa di garuk, repot hehe.

2. Minum Air Putih

Ga usah diragukan lagi manfaat air putih buat tubuh kamu. Kadang, saking padatnya aktivitas dan banyaknya tugas membuat kamu malas minum walau hanya segelas. Selain meningkatkan metabolisme tubuh, air putih juga berguna untuk menghilangkan racun dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi masih mau lupa minum?

3. Tidur yang cukup

Ditengah padatnya rutinitas dan banyaknya tugas, tubuh kamu perlu istirahat. Tidur adalah cara yang ampuh untuk melawan stress, karena kebanyakan penyakit berwal dari stress. Jadi kamu jangan sampai stress yaa!

4. Bawa payung

Pepatah “sedia payung sebelum hujan” memang benar adanya. Lebih baik tas kamu jadi agak berat karena bawa payung daripada badan kamu basah kuyup.

5. Pakai baju hangat

Musim hujan kaya gini bikin udara jadi dingin banget nih. Tapi udara dingin kaya gini jangan kamu jadiin buat alasan modus ke doi ya.  Jangan lupa pake jaket! Kurang-kurangin tebar aurat di musim hujan hehe.

6. Setelah kehujanan, langsung mandi

Ini nih yang sering dianggap enteng. Air hujan itu membawa partikel asam yang membuat kita jadi pusing setelah hujan-hujanan. Sebenarnya selain itu adanya perbedaan suhu pada tubuh kitalah yang menjadi penyebab utama. Maka sebaiknya jika tidak ingin sakit setelah kehujanan kita harus mandi air hangat, agar suhu kita cepat kembali normal. Jadi, jangan malas mandi yaa!

Nah itu dia tips menjaga kesehatan di musim hujan. Minggu depan kan masih kuliah, jadi jangan sampai sakit ya funatic!

    Leave Your Comment Here